Objek wisata alam seringkali bak magnet yang dapat menarik minat para wisatawan untuk mengunjunginya. Alam selalu berhasil menenangkan jiwa para penikmatnya. Udara yang sejuk, nuansa alami yang begitu damai, serta berbagai hal menarik lainnya  akan membuat kita betah berlama-lama di sana. Garut memiliki salah satu destinasi wisata alami berupa pantai yang akan membuat anda terpukau,  Pantai Sayang Heulang adalah namanya.

Pantai Sayang Heulang terletak di suatu desa bernama Mancagahar, Kecamatan Pamengpeuk, Garut Selatan, Jawa Barat. Nyatanya, tidak hanya destinasi wisata lainnya seperti danau, pemandian air panas, air terjun, dan pegunungannya saja yang bisa menjadi primadona Garut, pantai ini pun patut untuk anda coba.

Pantai yang cukup dekat dengan Pantai Santolo ini memiliki warna air yang masih begitu jernih dan kebiruan. Hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa kondisi pantai ini dijaga dan diestarikan dengan baik. Bersih, jernih dan mempesona adalah beberapa kata yang akan langsung muncul dalam benak anda ketika pertama kali meyaksikan pantai ini.

Tidak hanya itu, ada bagian yang memiliki batu karang yang cukup besar, membentang, dan menjorok ke sisi pantai yang turut menambah keindahannya. Bahkan jika anda datang pada saat kondisi air pantai dalam keadaan surut, anda bisa melihat aneka boita laut seperti ikan-ikan kecil yang terselip di bagian bawah genangan batu karang.

 

Baca Juga : Sensasi Wisata Unik dan Menarik, The Lodge Maribaya Bandung Barat

Pantai Sayang Heulang
~Photo: Instagram @galerigarut

Selain menikmati keindahannya, ada beberapa hal seru yang bisa anda coba lakukan di pantai ini, diantaranya yaitu:

  1. Bermain air dan berenang

Pantai yang cantik ini sebenarnya masih memiiki pengunjung yang tidak begitu ramai, dan harga tiketnya pun sangat terjangkau. Nah, dengan begitu  disini anda bisa dengan bebas bermain dan berenang di sekitaran pantai tanpa terganggu dengan hiruk pikuk pengunjung lainnya.

  1. Mengabadikan moment dengan hasil foto yang instagramable

Bagi yang hobi selfie atau wefie dengan hasil yang instagramable, maka pantai ini sangat direkomendasikan. Air pantai yang jernih dan menawan, gumpalan awan yang indah, deretan batuan karang yang membentang, tentu semuanya akan menjadi latar beakang foto yang begitu pas. Apalagi jika anda mengambil foto disaat matahari mulai terbit/terbenam, satu kata yang akan terucap “kereen”.

  1. Berkemah di sekitaran pantai

Di sekitar Pantai Sayang Heulang ini pihak pengelola menyediakan fasilitas untuk berkemah (camping ground). Meski sebenarnya di sekitar pantai ini sudah terdapat banyak tempat penginapan yang cenderung memiliki harga sewa yang murah, namun tak ada salahnya anda untuk mencoba menikmati sensasi berkemah di dekat pantai secara langsung. Dengan begitu, maka anda akan merasakan keseruan yang lebih bermakna dan tak terlupakan tentunya.

  1. Menikmati jajanan dan kuliner ikan bakar

Meski sebenarnya fasilitas di sini masih belum begitu memadai, namun mengenai  kuliner lezat anda tak perlu khawatir. Di sini sudah banyak warung-warung yang berada di dekat penginaan yang bisa anda datangi. Anda bisa menikmati aneka makanan seperti ikan bakarnya yang terkenal begitu lezat dengan harga yang cukup terjangkau pula.

  1. Menyaksikan balapan motor cross

Jika anda beruntung, saat datang ke pantai ini anda juga bisa menikmati keseruan dengan menyaksikan event balapan motor cross. Dengan tekstur pasir yang berwarna putih cenderung kecoklatan yang terdapat di pantai ini memang seringkali dijadikan sebagai media untuk balapan motor cross. Hal yang jarang ada di pantai-pantai lainnya.

Nah, untuk bisa sampai ke pantai ini, anda bisa menempuh jalur darat menuju Kabupaten Cikajang. Kondisi jalan khas perbukitan yang cukup menantang dan berkelok-kelok pun membuat anda harus lebih berhati-hati dalam berkendara. Dan sebelum sampai di lokasi, anda akan terlebih dahulu dimanjakan dengan pemandangan kebun teh di sepanjang perjalanan dengan udara yang sejuk dan menyegarkan. Sungguh hal tersebut akan membuat perjalanan anda lebih menyenangkan.

Oleh sebab itu, ketika anda memiiki kesempatan untuk mengunjungi garut, datanglah ke Pantai Sayang Heulang yang benar-benar sayang untuk diewatkan. Jadi, sudah siapkah hati anda untuk terpikat oleh pantai ini? Jika iya, mari agendakan secepatnya!

Baca Juga :

Saksi Sejarah Perjuangan Masyarakat Aceh, Rumah Cut Nyak Dhien

Museum Tsunami Aceh, Tempat Wisata Yang Menyayat Hati

PETA LOKASI :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>