Taman Nasional Kayan Mentarang adalah salah satu dari taman Nasional yang wajib anda kunjungi, Khususnya bagi anda cinta alam. Pemandangan yang indah dengan hutannnya yang masih sangat hijau serta ramahnya warga sekitar pasti akan memanjakan anda selama liburan disana. Banyak sekali hal yang dapat anda lakukan selama di sana, seperti trekking, menjala ikan di sungai dan kegiatan lainnya. Salah satu spot yang menarik adalah Air Terjun Marang Satap, tingginya mencapai 60 Meter yang bisa disebut sebagai surga tersembunyi nya kalimantan utara.

Air Terjun Marang Satap
Air Terjun Marang Satap ~Photo: Instagram @dedi.suhendra047

Baca Juga : Tempat-tempat wisata nan indah yang ada di Provinsi Jawa Barat

Tahu kah anda ??

Taman Nasional Kayan Mentarang ini merupakan salah satu paru-paru dunia loh, kebayang kan kalau tidak dijaga Bersama akan seperti apa dunia ini. TNKM ini memiliki Kawasan hutan primer dan sekunder tua terbesar yang tersisa di Pulau Borneo dan Kawasan Asia Tenggara.

Sejarah ditetapnya sebagai Taman Nasional Kayan Mentarang, dimulai dari ditetapkanmya sebagai Cagar Alam terlebih dahulu pada tahun 1980 oleh Menteri Pertanian Indonesia kala itu. Kemudian baru lah ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1996, atas rekomendasi dari WWF (World Wildlife Fund) dan juga masyarakat sekitar. Pengambilan nama Taman Nasional Kayan Mentarang didasarkan pada dua sungai yang ada di Kawasan Taman Nasional tersebut, yaitu sungai Kayan yang terletak di sebelah selatan dan sungai Mentarang di sebelah utara.

 

Ingin mencoba liburan kesana ?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda berlibur kesana:

  1. Usahakan jangan kesana pada saat musim hujan
  2. Jangan lupa bawa tabir surya, ransel tahan air, baju dan celana yang cepat kering
  3. Bawa uang yang banyak, 2 karung jika perlu (tidak ada ATM di sana)

 

Informasi biaya :

Biaya penginapan Rp. 150.000 – 400.000

Biaya sewa pemandu Rp. 150.000 per hari

 

Penasaran dengan keindah alam, dan budaya yang ada di Taman Nasional Kayan Mentarang ??

Yuk tonton videonya menariknya dibawah ini:

 

Baca Juga : Keindahan Salju Panas, Desa Dolok Tinggi Raja

 

PETA LOKASI TAMAN NASIONAL KAYAN MENTARANG:

Post not found !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>