Membahas tempat untuk berekreasi memang sangatlah menyenangkan, sebelum anda pergi berlibur pastikan anda telah mengetahui alasan mengapa anda harus mengunjungi tempat tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas daya tarik pantai-pantai Pangandaran yang harus anda kunjungi di Kabupaten Pangandaran.

Pantai memang selalu menjadi objek wisata yang seolah takkan pernah bosan untuk di datangi. Hembusan angin yang kencang, gemuruh ombak yang berirama, hamparan pasir putih yang membentang, serta pemandangan matahari tenggelam yang begitu epik, tentu akan menjadi momen yang tak terlupakan dari suatu pantai. Di pangandaran anda bisa menikmati semua sensasi tersebut. Dan berikut ini adalah beberapa nama pantai yang terdapat di pangandaran dengan pesonanya yang begitu eksotis dan menawan. Diantaranya yaitu:
1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran
~Photo: Instagram @girimoto_id

Pantai Pangandaran memiliki pesona serta pemandangan cantik yang akan membuat anda berdecak kagum. Suasana ombak yang tenang, serta hamparan pasirnya yang membentang akan membuat anda selalu merindukan pantai ini. Selain itu, ada beberapa hal lain yang menjadi daya tarik dari pantai pangandaran, yaitu:

  • Memiliki fasilitas permainan/olahraga pantai yang memadai
  • Kemudahan mendapatkan tempat untuk menginap
  • Harga tiket masuk yang sangat terjangkau
  • Banyak aneka jajanan kuliner laut
  • Memiliki aneka biota dan tanaman laut yang mempesona
  • Terdapat banyak tempat berburu oleh-oleh, dan sebagainya.

Baca juga :  Saksi Sejarah Perjuangan Masyarakat Aceh, Rumah Cut Nyak Dhien

2. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Merasakan suasana nyaman, damai, sambil menantikan moment matahari terbenam di pantai ini sungguh akan sangat menyenangkan. Keindahan alaminya begitu terpancar sejauh mata memandang. Pasirnya yang cenderung berwarna keabu-abuan turut menjadikan pantai ini unik dan berbeda dengan yang lainnya.

Baca juga : Pesona Wisata Pantai Ulee Lheue

3. Pantai Karang Nini

 

Pantai Karang Nini
~Photo: Instagram @arlinawulan16

Nini merupakan terjemahan bahasa sunda dari kata Nenek. Pantai ini dinamakan demikian karena terdapat batu karang dengan bentuk menyerupai nenek-nenek yang sedang termenung. Selain indah, ternyata pantai ini memiliki keunikannya tersendiri yang menjadi daya tarik untuk dikunjungi.

Baca juga : Sensasi Wisata Unik dan Menarik, The Lodge Maribaya Bandung Barat

4. Pantai Madasari (Bulak Benda)

Pantai Madasari
~Photo: Instagram @photojabar

Di Pantai yang cukup sepi ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang menawan dari adanya gugusan karang yang turut menghiasinya. Cobalah datang dan rasakan sensasi yang begitu menenangkan jiwa dan fikiran anda selama berada di pantai ini. Sungguh, Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu hal dengan sia-sia.

Baca juga : Keindahan Salju Panas, Desa Dolok Tinggi Raja

5. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak
~Photo: Instagram @ayodolan

Terletak tidak jauh dari pusat kota, Pantai Karapyak sangat cocok bagi anda yang tidak terlalu suka keramaian. Pantai ini memang tidak begitu ramai seperti Pantai Pangandaran, namun hawanya yang sejuk serta hamparan pasir putih sepanjang 5 km tentu akan membuat anda betah berlama-lama di sini. Anda bebas berlari dengan sesuka hati dan merasakan seolah pantai ini benar-benar milik anda.

Dengan adanya pantai-pantai tersebut, Pangandaran juga dikenal sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat yang banyak menarik dan mencuri perhatian para wisatawan, baik lokal maupun asing. Pangandaran juga menjadi salah satu destinasi wisata pantai favorit di Jawa Barat.

Bahkan berdasarkan postingan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di akun  instagram miliknya, beliau memiliki rencana untuk menjadikan Pantai Pangandaran sebagai pantai wisata berkelas dunia seperti Pantai Wakiki yang terdapat di Hawaii. Tak tanggung-tanggung, anggarannya yaitu sebesar Rp.40-65 Miliar yang akan digunakan dari APBD kabupaten Pangandaran dan APBD provinsi untuk merevitalisasi Pantai Pangandaran. Dan rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2019.

Penataan Pantai Pangandaran
Penataan Pantai Pangandaran @ridwankamil

Dalam rencana revitalisasinya, nanti akan diadakan penataan garis pantai barat dan pantai timur. Akan ada jalur untuk para  pejalan kaki yang nyaman dan juga rindang. Dengan begitu, nanti kita benar-benar akan merasakan wisata pantai berkelas dunia di negeri sendiri.

Keindahan atas ciptaan Tuhan sudah sepatutnya kita jaga dan lestarikan sebagai bentuk rasa syukur kepada-Nya. Dan berlibur ke pantai tidak hanya sebagai salah satu cara dalam melepas penat, tapi jadikan pula moment tersebut sebagai kegiatan tadabur alam. Jadi, mari pergi ke pantai.

Setelah mengetahui daya tarik pantai-pantai pangandaran, apakah anda tertarik untuk mengunjunginya ? silahkan tulis jawaban anda dikolom komentar, hatur nuhun…

 

PETA LOKASI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>