Anugerah Tuhan yang sudah sepatutnya kita jaga dan syukuri, salah satunya adalah ciptaan-Nya berupa keindahan alam yang begitu luar biasa. Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan potensi wisata alamnya yang sangat menakjubkan di berbagai kepulauan pun daerahnya. Tak terkecuali dengan keindahan alam yang terdapat di Kalimantan.

Sebelum anda memutuskan untuk pergi berlibur dan menikmati keindahan alam yang terdapat di luar negeri, tak ada salahnya kita coba menjelajahi wisata alam yang terdapat di negeri sendiri. Kepulauan Kalimantan terbagi ke dalam beberapa bagian, dan kali ini penulis akan merekomendasikan beberapa tempat wisata alami yang begitu menakjubkan di pulau Kalimantan Timur, yaitu:

1. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan
~Photo: Instagram @tukang­­_jalan

Pantai merupakan destinasi wisata yang mampu membuat pengunjungnya dengan mudah merasa jatuh hati. Apalagi jika anda datang ke pantai yang terdapat di Pulau Derawan yang biasa disebut sebagai surga tersembunyi Kalimantan Timur. Airnya yang begitu jernih kebiruan, bersih, dan memiiki kekayaan surga bawah laut yang menakjubkan, tentu akan membuat anda begitu betah di pulau ini.  Selain itu, anda juga bisa melakukan kegiatan seru seperti bermain dengan penyu di tepian pantai, bahkan saat tertentu anda bisa melihat segerombolan pari manta.

Baca Juga : 7 Destinasi Wisata Unggulan Di Kota Hujan Bogor

2. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin
~Photo: Instagram @joinliburan.id

Danau Labuan Cermin merupakan salah satu danau yang begitu hits di Kabupaten Berau, Prov. Kalimantan Timur. Hal ini terbukti dari banyaknya para traveler yang mengunjungi danau yang luar biasa cantik ini.  Tidak hanya airnya yang begitu bersih dan sangat jernih, pemandangan disekitarnya pun begitu menakjubkan dan menyejukan mata kita. Apalagi saat air danau terkena pantulan sinar matahari secara langsung, anda bisa  terkesima melihat keindahannya sembari menaiki perahu yang seolah terapung saking jernihnya.

Baca Juga : Keindahan Taman Nasional Kayan Mentarang

3. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah
~Photo: Instagram @lensaborneo.id

Masih di Provinsi Kalimantan Timur, di kota industri bernama Bontang ternyata di dalamnya ada surga tersembunyi berupa pantai yang begitu cantik nan eksotis. Di pulau mungil bernama Pulau Beras Basah yang bisa anda tempuh selama 45 menit dari Tanjung Laut, anda akan menemukan suatu pantai dengan hamparan pasir putihnya yang menawan dan pemandangan bawah lautnya yang mempesona. Tidak hanya itu, daya tarik lain dari pulau ini adalah dengan adanya mercusuar yang menjuang tinggi bak pencakar langit.

Baca Juga : Pesona Pantai Sayang Heulang Garut Yang Memikat Hati

4. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai
~Photo: Instagram @indoflashlight

Traveler sejati, Bukit Bangkirai meruakan salah satu destinasi wisata Kaltim yang bisa anda coba untuk menguji adrenalin di dalam diri anda. Di sini terdapat jembatan gantung yang dihubungkan 5 pohon bangkirai dengan tingginya sekitar 30-40 meter. Panjangnaya sendiri yaitu 64 meter. Tentu sudah bisa terbayangkan bagaimana keberanian anda diuji untuk melewatinya, apalagi ketika sudah sampai pertengahan jembatan. Namun meskipun begitu, pemandangan alam di sini begitu luar biasa, dengan nuansa hutan hujan tropisnya yang begitu terasa.

Baca Juga : Eksotisme dan Daya Tarik Pantai-Pantai Pangandaran Yang Menawan

5. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban
~Photo: Instagram @tanyabaracchi

Memiiki hobi berenang? Anda bisa menikmati sensasi berenang yang lebih seru dan juga menarik di Pulau Kakaban Kalimantan Timur. Tahukah anda, di pulau ini terdapat suatu danau dengan air payau. Hal yang membuat Danau Kakaban sangat unik adalah karena di dalamnya terdapat ratusan bahkan ribuan ubur-ubur yang hidup yang bisa turut menemani anda berenang. Tak perlu takut, karena ubur-ubur di sini merupakan ubur-ubur yang tidak menyengat, artinya anda aman dan bisa berenang dengan bebas. Ini merupakan suatu keunikan yang hanya ada 2 di dunia, loh. Itulah sebabnya danau ini begitu terkenal di kalangan traveler. Cobalah!

Ketika memiliki waktu luang untuk berlibur, cobalah datangi berbagai destinasi wisata yang terdapat di kawasan Kalimantan Timur tersebut. Jika anda mencoba dan merasakan sendiri sensasinya, anda akan benar-benar merasa jatuh cinta dan begitu bangga dengan tanah air tercinta ini. Dan tak menutup kemungkinan, anda ingin kembali mengunjunginya untuk kali berikutnya.

Mari lestarikan dan perkenalkan berbagai potensi wisata yang terdapat di tanah air Indonesia. Buatlah dunia tahu, bahwa ada banyak destinasi wisata alam yang begitu luar biasa menakjubkan di negeri tercinta ini. Sudah siapkah untuk mencoba?

Yups, itu adalah 5 Surga Wisata Alam di Kalimantan Timur, nantikan informasi kami selanjutnyaa kawan.

Baca Juga : Berbagai Destinasi Wisata Ciwidey

Post not found !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>